Sejarah jaringan komputer
Perkembangan teknologi informasi komunikasi meningkat dengan pesat ,terutama masalah jaringan komputer .Pada tahun 1988, Jaringan komputer mulai digunakan untuk universitas- universitas dan perusahaan- perusahaan karena dengan jaringan komputer maka setiap pekerjaan selesai dengan cepat dan tepat waktu .Salah satu contoh jaringan jaringan komputer seperti internet dan intranet .Intranet hanya jaringan local karena bersifat internal sedangkan internet merupakan jaringan yang sangat luas dan bersifat internasional     
Konsep dasar jaringan lahir pada tahun 1940 di Amerika Serikat dari proyek pengembangan komputer model I (pertama) di laboratorium Bell dan juga dari group riset Harvard University yang dipimpin olteh Howard Aiken .Pada tahun 1950 muncul komputer besar yang disebut Sumperkomputer.Komputer ini banyak melayani beberapa terminal komputer .Sistem tersebut disebut TTS (Time Sharing System)dimana pada system ini ,beberapa komputer terminal terhubung secara seri disetiap komputer utama(host komputer) .Pada tahun 1970 muncul system jaringan komputer proses distribusi ,yaitu dimana system jaringan komputer terdiri atas beberapa komputer utama yang dapat mengerjakan pekerjaan secara parararel dan dapat melayani beberapa komputer terminal yang tersambung secara seri disetiap komputer utama .Pada tahun 1990 pengguna teknologi jaringan sudah beragam dalam hl menangani proses bersama dan komunikasi antar komputer .Teknologi ini disebut LAN
Pengertian jaringan Komputer
Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling berhubungan yang satu dengan yang lainnya menggunakan protocol komunikasi melalui media tranmisi.
Adapun tujuan jaringan yaitu:
1.      Membagi sumber daya :contoh berbagi pemakaian printer.
2.      Komunikasi contohnya :surat elektronik
3.      Akses informasi
Jenis Jaringan Komputer
Ada berbagai tipe jaringan berdasarkan beberapa criteria tertentu .jaringan dapat digolongkan berdasarkan metode distribusi data ,cara pemrosesan dan pengaksesan ,berdasarkan jarak ,berdasarkan metode koneksi ,dan berdasarkan transmis.
Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Metode Distribusi Data                                   
a.       Jaringan Terpusat
Jaringan terpusat terdiri dari beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk . Komputer induk berisi data dan aplikasi dan melaksanakan hampir semua pengolahan data.Terminal dalam jaringan terpusat dapat berupa dumb terminal yaitu terminal yng tidak memiliki alat pemrosesan data
     b . Jaringan Terdistribusi
          Jaringan terdistribusi terdiri atas beberapa computer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat.
Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Cara Pemrosesan dan Pengaksesan
Berdasarkan cara pemrosesan dan pengaksesan ,jaringan komputer dibedakan menjadi berikut.
            Client-Server
Jringan Client –Server terdiri dari sebuah server atau lebih yang dihubungkan dengan beberapa client .Server pada jaringan itu bertugas menyediakan layanan ,Layanan tersebut dapat berupa pengaksesan data ,peripheral ,database ,dan lain-lain .Client adalah sebuah terminal yang menggunakan layanan server .

Dalam penggunaan jaringan ini ,ada beberapa keunggulan yaitu:

1.      Kecepantan akses lebih cepat
2.      Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator .
3.      Sistem backup data lebih tinggi.
4.      Menyediakan user account,system keamanan dan access controlsecara terpusat.
Sedangkan kekurangan jaringan ini adalah
1.      Memerlukan biaya besar dibandingan jaringan peer to peer .
2.      Ketika server mengalami kerusakan makan akan berdampak pada komputer client.
3.      Dibutuhkan user yang memiliki kemampuan untuk mengelola server.



















 

Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan peer to peer tidak ada server kusus diantara komputer komputer yang saling terhubung .Semua komputer berkedudukan sama yang dikenal dengan peer.Komputer komputer yang terdapat pada jaringan peer to peer dapat bertindak sebagai server dan sebagai client.Jenis jaringan ini tidak memiliki administrator yang bertanggung jawab terhadap seluruh jaringan.Masing masing user bertindak sebagai administrator dan dapat menentukan data mana yang diperbolehkan untuk diakses oleh user dari komputer lain.

Beberapa kentungan jaringan peer to peer
1.      Mudah dinstal dan dikonfigurasi .
2.      Masing masing komputer tidak tergantung pada server khusus.
3.      Lebih murah dibandingkan jaringan client-server
4.      Tidak memerlukan administrator khusus dalam memelihara server.
5.      Sangat efektif dengan jumlah pengguna kurang dari sepuluh
6.      Antar komputer dalam satu jaringan dapat berbagi fasilitas yang dimiliki seperti printer,harddisk,modem.

Kelemahan dari jaringan peer to peer adalah
1.      Trouble shooting jaringan relative lebih sulit
2.      Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan jaringan client server
3.      Backup harus dilakukan pada masing masing komputer
4.      Mekanisme penyimpanan data tidak terpusat pada satu komputer











Jenis Jaringan Berdasarkan Jarak

LAN (Lokal Area Network )
LAN  merupakan jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran yang mencangkup wilayah local saja. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer komputer yang terdapat dalam gedung perkantoran ,kampus,sekolah .LAN umumnya menggunakan media transmisi seperti kabel(UTP,koaksial,ataupun serat optic). Namun ada juga yang tidak menggunakan kabel atau disebut wireless LAN. Kecepatan LAN berkisar dari 10 Mbps sampai 1 Gbps.
Pada LAN terdapat satu komputer yang  berperan sebagai kompter induk jaringan atau dikenal ssebagai komputer server . Komputer server digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang mengatur aktivitas jaringan atau sebagai perangkat lunak yang digunakan oleh komputer komputer yang terhubung kedalam jaringan ,mengatur lalu lintas transper data dalam jaringan ,dan sebagai tempat penyimpanan file.Semua komputer yang terhubung dalam jaringan biasa disebut dengan workstation.
LAN mempunyai ukuran yang terbatas yang berarti sewaktu transmisi data terburuknya dapat diketahui sebelumnya sehingga memudahkan pengaturan ,teknologi transmisi yang banyak digunakan adalah transmisi kabel tunggal sedangkan topologi yang sering digunakan adalah topologi bus dan ring.

MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih luas .jaringan MAN disebut jaringan metropolitan karena menjangkau antar wilayah dalam satu kota atau provinsi . Jaringan MAN menghubungkan jaringan jaringan kecil pada umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letak nya berdekatan .

Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

 
Top