I.Tujuan
a. Agar kita dapat menconfigurasi AP TP-LINK menjadi sebuah repeater.
b.Agar kita dapat menghubungkan AP TP-LINK ke sebuah hotspot.
c.Agar kita dapat menghubungkan sebuah PC kejaringan Internet .
d.Agar kita dapat membagi koneksi Internet  menggunakan switch.


II.Manfaat
Access point sangat dibutuhkan jika Anda ingin membuat sebuah infrastruktur jaringan wireless.Dengan menggunakan AP, maka sebuah jaringan komunikasi akan terbentuk tidak hanya dua atau tiga perangkat saja yang dapat berkomunikasi tetapi cukup banyak  yang dapat saling berbicara dengan perantara sinyal radio ini. Selain itudengan menggunakan  AP, jaringan kabel dengan wireless juga dapat berhubungan sehingga komunikasi jaringan menjadi lebih lebar. Pengaplikasian  AP  yang banyak dilakukan saat ini adalah melakukan pembagian bandwidth Internet dari link Internet ADSL atauKabel, sehingga dapat digunakan oleh banyak orang. AP juga dapa tmemperluas jangkauan jaringan Anda menjadi lebih lebar dari pada jaringan kabel Anda yang  ada.
 


III.LandasanTeori
Jaringan local nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan area local nirkabel  yang menggunakan gelombang  radio sebagai  media tranmisinya : link  terakhir  yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan keseluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal keseluruh kampus.Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel kejaringan berkabel.
LAN  nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver  radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atauakomodasi  IEEE 802.11g  dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.AP  digunakan untuk melakukan pengaturan lalulintas jaringan dari mobile radio kejaringan kabel atau dari backbone jaringan wireless client/server.Biasanya berbentuk kotak kecil dengan 1 atau 2 antena kecil.Peralatan ini merupakan radio based, berupa receiver dan transmiter yang akan terkoneksi dengan LAN  kabel atau broadband ethernet. Saat ini beredar di pasaranadalah access point yang telah dilengkapi dengan raouter di dalamnya yang biasa disebut wireless router.
Ada dua buah perangkat wireless, satu buah jenis wireless Access Point (AP) dan sebuah lagi Wireless Cable/DSL Router.Wireless Router selain sebagai penghubung  (access point) untuk jaringan Local bisa berfungsi memforward IP di luar dalam jaringan Local.Sebagai contoh kita mempunyai IP 192.168.0.1 untuk jaringan Local kita sedangkan kita ingin jaringan 192.168.0.1 kita tidak tersentuh oleh orang luar dari jaringan local itu. Nah dari wireless router itu kita bisa setting sebagai contoh menjadi IP 10.50.10.xxx. Otomatis client yang mendapat IP dari 10.50.10.1 itutidakbisamasukkejaringan 192.168.0.1.Inilahfungsimaksimaldari router yaitu untuk memprotect jaringan lokal kita sehingga resiko data diambil oleh orang luar lebih sedikit.Jadi kesimpulannya wireless raouter adalah sebuah acces point yang berfungsi meneruskan  IP Local kita sedangkan Router berfungsi meneruskan IP local kita menjadi IP yang kita inginkan.
Caranya mengkonfigurasi TP-LINK sebagai repeater.
1.      Login
2.       Klik Network ->lan (contoh: Ip Address adalah nomor IP repeater, gateway adalah nomor IP Access Point keduanya harus berada dalam satu subnet mask range) dan seterusnya untuk repeater berikutnya bisa menggunakan IP repeater.
3.      Klik Wireless -> Wireless Mode. Kalau AP anda support WDS function pilihlah repeater.
4.      Kalau AP anda tidak support WDS function pilihlah universal repeater.
Klik Survey dan carilah SSID AP anda lalu klik connect makaotomatis MAC akan dimasukkan dalam konfigurasi, Untuk repeater berikutnya carilah SSID repeater andalaluklik connect, dan seterusnya.
5.      Optional, langkahinidiperlukankalauandamenggunakanpengamananwireles. Kalautidaksilahkanabaikanlangkahini.
6.      Selesai




IV.AlatdanBahan
1.      Access Point TP-LINK TL-WA501G
2.      2buah PC
3.      Kabel UTP (Straight)
4.      Switch D-LINK
5.      CD Installasi Windows 7


V.LangkahKerja

Yang pertama siapkan alat dan bahan.
LaluInstallkan semua PC dengan system opersi windows 7
Setelah semua selesai di instalkan dengan system operasi selanjutnya kita hubungkan salah satu PC dengan Acess  Point menggunakan kabel UTP  tipe straight setelah selesai di hubungkan kita atur IP PC yang terhubung ke AP Langkah langkahnya sebagai berikut:
Start > control panel> network and internet> network and sharing center> change adapter setting>klik kanan local area connection> properties>lalu pilih TCP/IP v4 >properties>muncul kotak dialog TCP/IPv4kita beritanda pada use the following IP address lalu isikan ip addressnya
Contoh:
a.     IP Adresss          : 192.168.1.6
b.    Subnet Mask      : 255.255.255.0
c.     Gateway             : 192.168.1.1 lalu setelah kita mengaturnya kita pilih OK atau tekan Enter
Setelah itu kita masuk ke web browser Mozilla Firefox atau web browser lainnya .Kita ketikkan IP default dari AP TP-LINK pada address bar Mozilla firefox(192.168.1.1) lalu tekan enter
Lalu akan muncul sebuah tab atau gerbang dari AP tersebut disana kita disuruh mengetikkan username dan password dari AP tersebut
Username   :  admin
Password   :  admin lalutekan enter
Dan akan muncul kotak dialog pengconfigurasian AP TP-LINK
Pertama yang kita lakukan adalah mengatur SSID ,Channel,Mode serta Region
Caranya seperti ini
Pada menu wireless setting lalu kita atur SSID ,Channel,Mode serta Region
SSID             :pramayu
Region          :Indonesia
Channel        : 2
Mode            : untuk modenya kita biarkan saja seperti semula
Setelah selesai kita mengaturnya kita klik save
Lalu kita pilih menu network setelah muncul kotak dialog LAN disana kita aturIP,SM,Gateway
Seperti iniIP  : 192.168.1.2
SM :255.255.255.0
Gateway : 192.168.1.1 lalu kita save
Setelah itu kita klik menu wireless dan pada menu wireless tersebut akan muncul beberapa menu kita pilih wireless mode pada wireless mode kita beritanda pada repeater setelah itu kita klik survey di bagian bawah kotak dialog wireless mode setelah mengklik itu akan muncul sebuah kotak dialog lalu connect pada SSID : hotspot guru dengan BSSID :00-23-CD-C9-CB-CF klik connect dan secara otomatis kotak dialog itu akan hilang secara otomatis .Setelah itu klik  save
Untuk mengetesnya kita ping AP tersebut dari PC yang terhubungke AP caaranya seperti ini:
Start >run>ketik cmd>entersetelah itu ketikan Ping 192.168.1.2

Jika ada pesan reply berarti kita telah berhasil menghubungkan AP tersebut ke hotspot guru namun jika ada pesan request time out berarti kita gagal menconfigurasi AP tersebut.
Selanjutnya kita mensharing koneksi internet ke komputer client caranya kita hubungkan AP ke switch menggunakan kabel UTP lalu kita hubungkan juga PC client ke Switch menggunakan kabel UTP setelah terhubung kita atur IP client SM serta gatewaynya
Caranya :
Start > control panel> network and internet> network and sharing center> change adapter setting>klik kanan local area connection> properties>lalu pilih TCP/IP v4 >properties>muncul kotak dialog TCP/IPv4kita beritanda pada use the following IP address lalu isikan ip addressnya


Contoh:
a.     IP Adresss          : 192.168.1.5
b.    Subnet Mask      : 255.255.255.0
c.     Gateway             : 192.168.1.1 lalu setelah kita mengaturnya kita pilih OK atau tekan Enter
Setelah itu kita tes apakah sudah terhubung ke jaringan atau belum caranya seperti ini :
Start >run>ketik cmd>entersetelah itu ketikan Ping 192.168.1.2 ketikkan Ping 192.168.1.2
Jika ada pesan reply berarti kita telah berhasil menghubungkan client tersebut ke AP namun jika ada pesan request time out berarti kita gagal.Dan untuk PC di pakai untuk menconfigurasi AP tersebut kita hubungkan saja seperti biasa karna kita sudah mengaturatur IP , SM serta gatewaynya pada tahap awal.



VI.Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Access Point
1.     Keuntungan AP
a.       Memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café .
b.      Pada saat bertukar data kita tidak perlu menggunakan sebuah kabel
c.       Para pengguna dalam satu area dapat mengakses Internet secara bersamaan tanpa perlu direpotkan dengan kabel.
d.      Sifat mobilitasnya yang tinggi dan tidak tergantung kepada kabel dan koneksi tetap. 
e.       Tidak ada batasan kabel jaringan atau sambungan tetap, jadi tidak memerlukan kabel data yang terkadang merepotkan anda sehingga menghemat waktu
f.       Instalasi yang relative cepat
g.      Gampang pengembangannya

2.      Kekurangan menggunakan AP
a.       Memerlukan biaya banyak
b.      Untuk PC yang tidak ada wirelessnya tidak bisa terhubungke AP
c.       Masalah kurangnya keamanan dari hubungan nirkabel  Sistem keamanan yang digunakan oleh WLAN awalnya adalah WEP, tetapi protocol ini hanya menyediakan keamanan yang minimum di karenakan kekurangannya yang serius. 



VII.Kesimpulan
Pada saat muncul kotak dialog untuk memasukan  password dan username setelah dimasukan password admin dan username admin tidak mau masuk.Ketika sudah selesai mengconfigurasi dipakai  browsing  internetnya terputus putus mungkin itu di karnakan pengunci konektor patah jadi pada saat menghubungkan AP dengan switch menggunakan kabel UTP konektornya tidak dapat terkunci dengan kuat.

VIII.DaftarPustaka











Post a Comment

 
Top