Dewasa ini internet bukan merupakan sesuatu yang aneh di masyarakat, karena penggunakan internet sebagai media komunikasi massa sudah hampir kita temui dimana-mana.
Untuk dapat menjelajahi internet tersebut diperlukan sebuah software yaitu yang disebut web browser. Beberapa software web browser yang sering digunakan diantaranya :
1. Internet Explorer
2. Netscape Navigator
3. Mozilla
4. Opera

Menjalankan Internet Explorer Internet Explorer adalah salah satu software web browser yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Untuk menjalankan Internet Explorer tidak berbeda dengan software lain. Adapun langkah-langkah mengaktifkan atau memanggil Internet Explorer adalah :
· Klik Start, pilih Program , Pilih Internet Explorer. Area Kerja Internet Explorer (menu dan toolbars tampilan Internet Explorer) Seperti kebanyakan program aplikasi Windows, area kerja Internet Explorer juga memiliki hampir semua komponen “window” yang sama hanya tentunya ada perbedaan menu dan toolbar-nya. Keterangan gambar :
1. Title Window, adalah baris judul alamat internet yang terbuka dan selalu diikuti nama program Internet Explorer. 2. Menu, adalah baris yang berisi perintah-perintah untuk pengoperasian Internet Explorer. 3. Standard Buttons, adalah baris yang berisi tombol-tombol standar pengoperasian Internet Explorer. 4. Address Bar, adalah baris yang terdapat kotak teks untuk tempat mengisi teks alamat internet yang ingin dikunjungi.Di ujung kanannya terdapat tombol Go, untuk mulai memproses permintaan alamat internet. 5. Links, adalah baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetik alamatnya, yang dapat ditambah atau dikurangi. 6. Workspace, adalah area kerja atau isi dari alamat internet yang tampil atau sedang diproses berdasarkan permintaan.
D
7. Status Bar, adalah baris informasi status link alamat internet yang tampil atau terbuka dalam Workspace.
1. Alamat Internet Alamat Internet/alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator), biasanya terdiri dari 4 bagian,yaitu : a. Nama protocol(protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi) b. Lokasi dari situs, contohnya www (World Wide Web) c. Nama organisasi yang mengatur situs d. Sebuah akhiran yang mengidentifikasi jenis dari organisasi.(Contoh : com untuk sebuah organiosasi komersial) Contoh alamat internet http://www.liputan6.net/ yang berarti : http: web server ini menggunakan Hypertext Transfer Protocol(HTTP) www: Lokasi ini berada dalam world Wide Web Liputan6: Web server ini berada Dikmenjur yang mengatur situsnya Net: ini biasanya adalah institusi yang bergerak dalam jaringan (Network) 3. Hyperlink Hyperlink adalah teks yang biasanya warnanya berbeda, bergaris bawah, atau berada dalam kotak (tombol).
1. Menyimpan file halaman web a. Di Internet Explorer, klik menu File lalu pilih Save As… b. Tentukan lokasi penyimpanan dalam Save in c. Pada kotak teks File name ketik nama file ,klik Save untuk menyimpan.
Mencari Informasi pada halaman web
Keinginan untuk mencari informasi berupa kata atau kalimat dalam Halaman web bisa diwujudkan lewat Internet Explorer dengan fasilitas Search dan Find.
Langkah pencarian informasi dengan Search :
1. Di Internet Explorer, klik tombol Search dalam toolbar Standard Buttons. Disebelah kiri window akan muncul panel pencarian.
2. Pilih modus pencarian pada Choose a category for your search, lalu ketik kata/kalimat yang ingin dicari, klik Search.
Langkah pencarian informasi dengan Find :
1. Di Internet Explorer, klik menu Edit , pilih Find (on This page)
2. Dalam kotak teks Find what ketik kata atau kalimat yang ingin dicari, lalu klik Find Next.
Halaman web dimulai dengan kode www (World Wide Web), atau diartikan sebagai web yang terdapat pada jaringan dunia melalui internet. Kemudian diikuti dengan nama unik perusahaan, pemerintahan, nama komunitas, sekolah, atau nama-nama lainnya. Setelah
itu, baru didikuti dengan kode halaman web atau top domain seperti : “go” (government) berarti milik pemerintahan, “edu” (education) berarti web instansi pendidikan, “co” (corporate) berarti web perusahaan, “org” (organization) berarti web suatu organisasi, “mil” (military) berarti organisasi militer, “ac” (academy) berarti web lembaga pendidikan “com” (commercial) berarti web perusahaan komersil Selain top domain organisasi di atas, ada pula top domain negara digunakan dua huruf sesuai dengan atauran sebagai tanda bahwa web itu berasal dari negara tertentu misalnya: id : Indonesia au : Australia ca : Canada uk : United Kingdom us : Amerika fr : France jp : Jepang it : Italy de : Denmark contoh penulisan alamat web : www.mendagri.go.id www : nama mesin yang digunakan (World Wide Web), dan umum digunakan sebagai homepage sebuah institusi. mendagri : nama sebuah organisasi (subdomain) go : top domain organisasi pemerintahan id : top domain Negara Indonesia
Contoh alamat internet http://www.dikmenjur.net/ yang berarti:
http:
Web server ini menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
www
Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web.
dikmenjur
Web server ini berada di Dikmenjur yang mengatur situsnya.
http:
Web server ini menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
www
Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web.
dikmenjur
Web server ini berada di Dikmenjur yang mengatur situsnya.
net
Ini biasanya adalah institusi yang bergerak dalam jaringan (Network)
Ketika anda mengetikan alamat internet contohnya seperti http://www.dikmenjur.net/ kedalam Address Bar dan klik Go atau menekan Enter, maka isi informasi institusi itu akan muncul dalam Workspace. Informasi yang muncul itulah yang sering kita sebut situs web (website).
Langkah-langkah pencarian informasi dengan Find : a. Di Internet Explorer, klik menu Edit,pilih Find b. Dalam teks Find what ketik kata atau kalimat yang ingin dicari, lalu ketik Find Next. Menggunakan Favorites Internet Explorer 1. Menambah alamat eeb favorites a. Pilih dan buka botton favorites pada menubar atau toolbar b. Kemudian klik Add untuk menambah atau mengisi alamat web browser yang Anda inginkan c. Setelah itu akan muncul kotak dialog dari Add favorite d. Kemudian Anda isikan alamat web yang Anda inginkan di kolom name, klik OK. 2. Mengelola Favorites a. Buka menu favorite pada menubar atau toolbar b. Setelah kotak dialog terbuka maka pilih Organize Favorite c. Pada Organize Favorite Anda dapat membuat folder baru dengan menekan button Create Folder d. Anda juga dapat mengganti nama folder/file dengan menggunakan button Rename e. Atau dapat menghapus folder/file dengan menggunkan button Delete
Download
Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer anda.
Tipe file hasil download biasanya ekstensi PDF (dari aplikasi acrobat reader), ekstensi PPT (dari aplikasi power point), DOC (dari aplikasi MS-Word), HTM atau HTML merupakan ekstensi dari file HTML dan lain sebagainya. Ada pula file-file hasil download berupa gambar yang mempunyai format data JPG, JPEG,

Post a Comment

 
Top