Tweak adalah sebuah fasilitas (utility) yang tersedia pada sistem operasi yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi. Fasilitas tweak tersebut dapat memberikan trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, serta kemudahan dan keamanan dalam berinternet. Utility tersebut semakin dikembangkan, salah satunya pada sistem operasi Windows XP, sehingga semakin mudah dan menyenangkan dalam pengaturannya.Salah satu tweak yang bisa dilakukan adalah
bagaimana cara mengoptimalkan virtual memory yang ada. Virtual memory pada Windows biasa disebut sebagai swap file atau paging file. Virtual Memory ini berfungsi sebagai memory tambahan untuk mendukung kinerja RAM (Random Access Memory) itu sendiri. File swap memanfaatkan kapasitas hard disk untuk menampung file-file yang bersifat sementara. Semakin banyak Anda menggunakan aplikasi secara bersamaan, file swap yang dibutuhkan juga menjadi semakin besar. Sebaliknya, semakin sedikit Anda menggunakan aplikasi secara bersamaan, semakin sedikit pula virtual memory yang digunakan. Sehingga besar kecilnya virtual memory yang dibutuhkan sangat tergantung dari cara pemakaian Anda. Walaupun begitu, kecepatan proses pada file swap ini tidaklah secepat pada memory aslinya. Hal ini dipengaruhi karena kecepatan putar hard disk itu sendiri juga tidak secepat proses pada RAM.
Umumnya kapasitas minimal yang dibutuhkan oleh virtual memory sekitar 1,5 kali dari kapasitas RAM yang Anda gunakan. Sedangkan kapasitas maksimal yang dibutuhkan sekitar 2-3 kali dari kapasitas RAM Anda. Untuk memulai pengaturan, perhatikan langkah-langkah berikut ini :
  1. Buka Control Panel, kemudian klik ganda ikon System.
  2. Pada tampilan Control Panel, klik ganda pada System maka akan tampil jendela System Properties. Di situ akan terdapat beberapa pilihan tab yang dapat dipilih, dalam tab-tab tersebut akan mempunyai fungsi tersendiri. Pada tab general berfungsi untuk melihat sistemyang digunakan, nama komputer, kapasitas processor,maupun kapasitas memori yang digunakan. Pada tab Computer Name, terdapat dua pengaturan, yaitu Network yang berfungsi untuk membuat domain dalam suatu jaringan komputer dan Change berfungsi untuk mengubah nama komputer dan workgroup. Pada tabHardware terdapat beberapa tombol pengaturan, misalnya device manager akan dapat mendeteksi hardware-hardware yang ada pada komputer tersebut, dan lain sebagainya. Tab System Restore berfungsi untuk mengaktifkan dan tidaknya system restore pada sistem operasi. Dan masih banyak tab-tab lainnya yang bisa Anda gunakan.
  3. Klik tab Advanced yang terdapat pada jendela tersebut, klik tombol Settings pada bagian kelompok kotak Perfomance. Maka akan membuka jendela baru, yaitu Performance Options.
  4. Pada tab Visual Effects tentukan pilihan untuk mempercepat perfoma Windows. Misalnya pilih pilihan Adjustfor best perfomance, maka pilihan checkbox di bawahnya tidak aktif semua. Jika Anda tetap ingin menampilkan beberapa efek, maka pilihlah Custom dan aktifkan checkbox. Misalnya jika ingin menampilkan efek bayangan pada menu, maka aktifkan pilihan Showshadows under menus.
  5. Sekarang beralih ke pengaturan Virtual Memory, klik tab Advanced.
  6. Pada kelompok kotak Virtual Memory, klik tombol Change.
  7. Muncul kotak dialog Virtual Memory, tentukan pilihan drive yang merupakan lokasi di tempatkannya sistem operasi Windows. Pada kelompok kotak Paging filesize for selected drive terdapat tiga pilihan pengaturan, yaitu Custom size, System managed size, dan No paging file.
  8. Pilih pilihan No paging file jika Anda mempunyai memory lebih dari 512 MB, pilih pilihan System managed size bila Anda ingin Windows yang mengatur yang terbaik untuk komputer Anda.
  9. Jika Anda menginginkan tweak lebih lanjut, maka pilih pilihan Custom size, kemudian tentukan nilai Initial size dan Maximum size dalam MB. Perhitungan nilai Initial dan Maximum dapat dihitung menggunakan pengali angka 1,5. Misal jika Anda mempunyai memory 512 maka perhitungannya 1,5 x 512 = 768. Nilai 768 merupakan nilai rata-rata initial dan maximum, sehingga Anda bisa memberi nilai range untuk initial misal 500 dan nilai maximum 900. Jika Anda menginginkan nilai yang tetap (fixed), Anda boleh juga memasukkan nilai misal sebesar 800 untuk initial dan maximum.
  10. Setelah Anda tentukan kemudian klik tombol Set.
  11. Klik tombol OK jika sudah yakin, sehingga Anda akan kembali ke jendela Performance Options.
  12. Klik OK lagi untuk kembali ke jendela System Properties.
  13. Klik OK, kemudian restart komputer untuk merasakan perubahan yang terjadi.
Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk mengoptimalkanvirtual memory :
  1. Klik Start → Settings → Control Panel, maka akan muncul sebuah tampilan jendela Control Panel.
  2. Pada tampilan Control Panel, klik ganda pada System, maka akan tampil jendela System Properties. Di situ akan terdapat beberapa pilihan tab yang dapat pilih, dalam tab-tab tersebut akan mempunyai fungsi tersendiri. Pada tab general berfungsi untuk melihat sistem yang digunakan, nama komputer, kapasitas processor, maupun kapasitas memori yang digunakan. Pada tab Computer Name, terdapat dua pengaturan, yaitu Network yang berfungsi untuk membuat domain dalam suatu jaringan komputer dan Change berfungsi untuk mengubah nama komputer dan workgroup. Pada tab Hardware terdapat beberapa tombol pengaturan, misalnya device manager akan dapat mendeteksi hardware-hardware yang ada pada komputer tersebut, dan lain sebagainya. Tab System Restore berfungsi untuk mengaktifkan dan tidaknya system restore pada sistem. Dan masih banyak tab-tab lainnya yang dapat Anda gunakan.
  3. Klik tab Advanced yang terdapat pada pada jendela tersebut, pilih Settings yang terdapat tulisan Performance Virtual effect, processor scheduling, memory usage, andvirtual memory. Maka akan membuka jendela baru, yaitu Performance Options. Di situ Anda dapat mengubah atau melakukan setting untuk memperoleh kecepatan yang optimal pada PC, dengan cara membuang centang-centang yang Anda anggap tidak perlu. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat memilih Adjust for best performance dengan cara diklik. Jika Anda anggap sudah cukup dalam melakukan pengaturan klik OK, maka Windows akan melakukan prosessetting. Tunggu hingga proses selasai, dan rasakan perbedaan sebelum dan sesudah dijalankannya tweak.

Post a Comment

 
Top