Dari pc yang telah terinstall ubuntu versi desktop, buka program terminal Applications > Accessories > Terminal. Ketikan:
$ sudo apt-get install gnome-cups-manager
[sudo] password for pct:(masukkan password)
kemudian jalankan aplikasi gnome-cups manager dari menu System > Administrations > Printing atau ketikan perintah berikut ini dari terminal:
$ sudo gnome-cups-manager
[sudo] password for pct:(masukkan password)
pada halaman utama gnome-cups-manager, jika sebelumnya belum menambahkan printer sama sekali, double klik icon New Printer untuk menambahkan sebuah printer baru.

maka akan muncul halaman Add a Printer. Pilih option Local or Detected Printer. Lalu klik Forward.
pilih tipe printer yang sesuai. misal printer Lq-2180, Setelah selesai klik Forward.
halaman berikutnya adalah halaman informasi printer. Isikan informasi printer yang dikehendaki, setelah selesai klik Apply.
setelah printer terkonfigurasi dengan baik anda dapat mengetest printer terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada icon printer > properties. Dari halaman properties, klik print a test page untuk melihat hasil print out printer.
setelah test printing selesai, kembali ke menu utama gnome-cups-manager. Untuk meshare printer cukup pilih printer yang ingin dishare, lalu klik menu Global Setting > Share Printers. Jika keluar window dialog klik OK saja.
setelah men-setting printer share yang terdapat pada salah PC, pada contoh kali ini saya akan mencoba akses dari client yang menggunakan winxp. Buka windows explorer, pada address bar ketikan alamat ip komputer yang di share printernya misal
\\192.168.0.1
tidak seberapa lama pada windows explorer akan menampilkan printer yang telah dishare oleh PC ubuntu. Klik kanan icon printer > connect…
jika keluar window Connect to Printer, klik OK. Maka akan muncul window Add Printer Wizard. Pilih type printer, klik OK. Tunggu beberapa saat dan printer sudah terkoneksi pada PC client (winxp).
sekarang tinggal mencoba test printer dari PC client, semoga berhasil

Post a Comment

 
Top