Setiap ponsel, tidak terkecuali ponsel berbasis Android selalu menyertakan Factory reset yang siap digunakan. Untuk menggunakannya, biasanya produsen ponsel/gadget menyediakan tombol “rahasia” berupa kombinasi tombol yang harus ditekan secara bersamaan.

Factory reset adalah metode yang diberikan oleh perusahaan pembuat pembuat gadget/ponsel/handphone untuk memudahkan pemiliknya mengembalikan operating system (Dan atau software dari gadget) ke kondisi awal seperti pada saat pembelian pertama kali. Factory reset akan menghapus semua data yang pernah dimasukkandan hanya menyisakan OS/Software default pada gadget. Metode ini sering digunakan ketika seseorang ingin menjual kembali gadget/handphone ke orang lain agar terlihat lebih original.
Jika pada suatu hari Dell Streak 7 anda bermasalah, anda bisa mencoba mencobanya sendiri. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Dell Streak 7 anda dalam keadaan mati.
  • Tekan tombol untuk memperbesar volume (+) dan jangan lepaskan kemudian tekan tombol power On/Off kurang lebih 5 detik.
  • Setelah itu, Android Dell Streak akan nyala pada mode Factory Reset. Pada layar anda akan melihat tulisan “OS will cold boot in 60 seconds if no input detected. Press volume keys to navigate and power key to select“. Dibawahnya terdapat 5 nomor yang bisa dipilih.

0) Boot up, berfungsi seperti biasa, untuk menhidupkan Dell Streak pada mode normal.
1) Factory reset (User data only), untuk menhapus dan mengembalikan system ke posisi awal tanpa menghapus data yang sudah pernah  masukkan ke dalam memory internal.
2) Software upgrade via update.pkg on SD card, berfungsi untuk mengupdate system Android melalui file yang sudah disiapkan pada memory eksternal. (Di lain waktu, kami akan mencoba memberikan tutorial lengkap bagaimana mengupdate menggunakan SD card)
3) Factory reset (User data and Internal tablet storage), sama seperti nomor dua, bedanya jika memilih metode ini maka keseluruhan data yang sudah anda masukkan ke dalam memory internal akan ikut terhapus.
4) Power Off untuk mematikan kembali Dell Streak 7
Jika sudah yakin untuk melakukan Factory reset, silahkan pilih metode mana yang ingin anda gunakan. Kami sarankan, cobalah menggunakan poin ke satu terlebih dahulu. Jika Dell Streak 7 masih error, cobalah menggunakan metode ke tiga. Proses format ulang ini akan memakan waktu beberapa saat dan setelah itu Android akan restart dan booting normal seperti saat pertama kali menggunakan Android.
Kesimpulan
Jika Dell Streak 7 anda mengalami masalah, gunakan Factory reset sebagai salah satu cara mengembalikannya ke kondisi normal. Yang perlu diperhatikan, gunakan cara ini sebagai pilihan terakhir jika tidak ada lagi cara lain untuk memperbaiki Dell Streak 7. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Post a Comment

 
Top