MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU
Manusia sebagai makhluk individu artinya manusia sebagai makhluk hidup atau makhluk individu maksudnya tiap manusia berhak atas milik pribadinya sendiri dan bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Manusia individu adalah subyek yang mengalami kondisi manusia. Ini diikatkan dengan lingkungannya melalui indera mereka dan dengan masyarakat melalui kepribadian mereka, jenis kelamin mereka serta status sosial. Selama kehidupannya, ia berhasil melalui tahap bayi, kanak-kanak, remaja, kematangan dan usia lanjut. Deklarasi universal untuk hak asasi diadakan untuk melindungi hak masing-masing individu. Manusia juga sebagai mahkluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan tindakan-tindakan yang akan diambil

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL
Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi. Bersosialisasi disini berarti membutuhkan lingkungan sosial sebagai salah satu habitatnya maksudnya tiap manusia saling membutuhkan satu sama lainnya untuk bersosialisasi dan berinteraksi.  Manusia pun berlaku sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan keterkaitannya dengan lingkungan dan tempat tinggalnya.Manusia bertindak sosial dengan cara memanfaatkan alam dan lingkungan untuk menyempurnakan serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya demi kelangsungan hidup sejenisnya.


PERANAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN MAKHLUK SOSIAL
Manusia sebagai pribadi adalah berhakikat sosial. Artinya, manusia akan senantiasa dan selalu berhubungan dengan orang lain. Manusia tidak mungkin hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Fakta ini memberikan kesadaran akan “ketidakberdayaan” manusia dalam memenuhi kebutuhannya sendiri. Kebutuhan akan orang lain dan interaksi sosial membentuk kehisupan berkelompok pada manusia. Berbagai kelompok sosial tumbuh seiring dengan kebutuhan manusia untuk saling berinteraksi. Dalam berbagai kelompok sosial ini, manusia membutuhkan norma-norma pengaturannya. Terdapat norrma-norma sosial sebagai patokan untukbertingkah laku bagi manusia di kelompoknya. Norma-norma tersebut ialah:

a. Norma agama atau religi, yaitu norma yang bersumber dari Tuhan yang diperuntukkan bagi umat-Nya. Norma agama berisi perintah agar dipatuhi dan larangan agar dijauhi umat beragama. Norma agama ada dalam ajaran-ajaran agama.
b. Norma kesusilaan atau moral, yaitu norma yang bersumber dari hati nurani manusia untuk mengajak kepada kebaikan dan menjauhi keburukan. Norma moral bertujuan agar manusia berbuat baik secara moral. Orang berkelakuan baik adalah orang yang bermoral, sedangkan orang yang berkelakuan buruk adalah orang tidak bermoral atau amoral.
c. Norma kesopanan atau adat adalah norma yang bersumber dari masyarakat dan berlaku terbatas pada lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Norma ini di maksudkan untuk menciptakan keharmonisan hubungan antarsesama.
d. Norma hukum, yaitu norma yang dibuat masyarakat secara remi (negara) yang pemberlakuannya dapat dipaksakan. Norma hukum yang brsifat tertulis.
Selain itu, norma dapat dibedakan pula menjadi empat macam berdasarkan kekuatan berlakunya dimasyarakat. Ada norma yang daya ikatnya sangat kuat, sedang, dan ada pula norma yang daya ikatnya sangat lemah. Keempat jenis tersebut adalah cara (usage), kebiasaan (folkways), tata kelakuan (mores), dan adat istiadat (costum).
a. Cara (usage)
Cara adalah bentuk kegiatan manusia yang daya ikatnya sangat lemah. Norma ini lebih menonjol dalam hubungn antarindividu atau perorangan. Pelanggaran terhadap norma ini tidak mengakibatkan hukuman yang berat, tetapi sekedar celaan. Contohnya cara makan, ada yang makan sambil berdiri dan ada yang makan sambil duduk. Cara makan sambil duduk dianggap lebih panas dibandingkan cara makan sambil bediri.
b. Kebiasaan (falkways)
Kebiasaan adalah kegiatan atau perbuatan yang di ulang-ulang dalam bentuk yang sama oleh orang banyak kerana disukai. Norma ini lebih kuat daya ikatnya dari pada norma cara. Contohnya, kebiasaan salam bila bertemu.
c. Tata kelakuan (mores)
Tata kelakuan adalah kebiasaan yang di anggap sebagai norma pengatur. Sifat norma ini disatu sisi sebagai pemaksa suatu perbuatan dan disisi lain sebagai suatu larangan. Dengan demikian, tata kelakuan dapat menjadi acuan agar masyarakat menyusuaikan diri dengan kelakuan yang ada serta meninggalkan perbuatan yang tidak sesui dengan tata kelakuan.
d. Adat istiadat (custom) Adat istiadat adalah kelakuan yang telah menyatu kuat dalam pola-pola perilaku sebuah masyarakat.

INTERAKSI SOSIAL
Sebagai mahluk hidup yang berada di muka bumi ini keberadaan manusia adalah sebagai mahluk individu dan mahluk sosial, dalam asrti manusia senantiasa tergantung dan atau berinteraksi dengan sesamanya. Dengan demikian, maka dalam kehidupan lingkungan sosial manusia senantiasa terkait dengan interaksi antara individu manusia, interaksi antar kelompok, kehidupan sosial manusia dengan lingkungan hidup dan alam sekitarnya, berbagai proses sosial dan interaksi sosial, dan berbagai hal yang timbul akibat aktivitas manusia seperti perubahan sosial. Secara sosial sebenarnya manusia merupakan mahluk individu dan sosial yang mempunyai kesempatan yang sama dalam berbagai hidup dan kehidupan dalam masyarakat. Artinya setiap individu manusia memiliki hak, kewajiban dan kesempatan yang sama dalam menguasai sesuatu, misalnya bersekolah, melakukan pekerjaan, bertanggung jawab dalam keluarga serta berbagai aktivitas ekonomi, politik dan bahkan beragama. Namun demikian, kenyataannya setiap individu tidak dapat menguasai atau mempunyai kesempatan yang sama. AKibatnya, masing-masing individu mempunyai peran dan kedudukan yang tidak sama atau berbeda. Banyak faktor yang menyebabkan itu bisa terjadi, misalnya kondisi ekonomi (ada si miskin dan si kaya), sosial (warga biasa dengan pak RT, dll), politik (aktivis partai dengan rakyat biasa), budaya (jago tari daerah dengan tidak) bahkan individu atau sekelompok manusia itu sendiri. Dengan kata lain, stratifikasi sosial mulai muncul dan tampak dalam kehidupan masyarakat tersebut.
Bentuk umum dari proses-proses sosial adalah interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan,antarkelompok manusia,serta antara orang perorangan dan kelompok manusia.
Interaksi menurut Astrid. S . Susanto adalah :
Hubungan antarmanusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.
1.POLA-POLA HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL
Pola-pola hubungan dalam interaksi sosial bias terjadi antara individu dan individu,antara kelompok dan kelompok,serta antara individu dan kelompok.
  1. a. Interaksi Sosial antara Individu dan Individu
Apabila 2 oarang bertemu,interaksi sosial dimulai, saat itu mereka bisa saling menegur,berjabat tangan,berbicara,dll. Walaupun orang tersebut tidak saling berbicara,tetapi interaksi sosial tetap terjadi karena di antara mereka sadar akan adanya pihak lain yang menyebabkan perubahan-perubahan dalam perasaan maupun syaraf orang yang bersangkutan,yang disebabkan misalnya: bau keringat,parfum dan cara berjalan.
       b. Interaksi Sosial antara Kelompok Sosial dan Kelompok Sosial
Interaksi sosial ini terjadi sebagai suatu kesatuan dan bukan menyangkut pribadi-pribadi sebagai anggota dari setiap kelompok yang bersangkutan.
Misalnya: pertemuan antara perwakilan GAM,perwakilan Republik Indonesia dalam perjanjian antara GAM dan RI di Jenewa, Swiss.
       c. Interaksi Sosial antara Individu dan Kelompok Sosial
Interaksi ini berbeda-beda sesuai dengan keadaan setiap hubungan itu. Misalnya: interaksi antara seorang guru dan siswa-siswanya di kelas. Pada awalnya guru berusaha menguasai para siswanya agar interaksi sosial bisa berlangsung dan seimbang.
2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI SOSIAL
Terlihat bahwa suatu interaksi sosial harus terjadi dua arah dan menuntut kegiatan timbal-balik. Berlangsungnya suatu proses interaksi yang didasarkan pada berbagai factor, antar lain:
  1. a. Imitasi
Imitasi adalah suatu tindakan yang menirukan tindakan,nilai,norma,atau ilmu pengetahuan orang atau kelompok yang berinteraksi.
Imitasi mempunyai 2 kemungkinan,yaitu:
  1. Imitasi Positif , yaitu apabila mendorong seseorang untuk melakukan dan memenuhi kaidah-kaidah yang berlaku. Contoh: meniru gaya seorang penyanyi.
  2. Imitasi Negatif , yaitu apabila mengakibatkan terjadinya hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma dan kaidah-kaidah serta melemahkan daya kreasi seeorang. Contoh: pergaulan bebas.                                                                                                                        

        b. Sugesti
Sugesti timbul apabila seseorang menerima suatu pandangan atau sikap orang lain secara tidak rasional. Contoh: orang yang sedang stress,biasanya bisa dengan mudah dipengaruhi orang lain.
      c. Identifikasi
Merupakan kecenderungan atau keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Contoh: seorang anak ingin menjadi seperti ayahnya yang menjadi panutan
      d. Simpati
Merupakan suatu proses dimana seseorang merasa tertarik pada pihak lain. Contoh: seorang siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler tari,karena tertarik dan merasa simpati kepada pelatihnya yang pandai menari.
3. SYARAT – SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL
Menurut Soerjono Soekanto, syarat-syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi.
  1. Adanya Kontak Sosial
Kontak sosial dari bahasa latin con atau cum yang artinya bersama-sama dan tango yang artinya menyentuh. Jadi, secara harfiah kontak sosial berarti bersama-sama menyentuh. Secara fisik, kontak sosial terjadi apabila terjadi hubungan badaniah.
Kontak sosial dapat terjadi dalam tiga bentuk,yaitu:
1. antara orang perorangan, misal: orang anak meniru perilaku ibunya.
2. antara orang perorangan dengan kelompok, missal: sekelompok preman yang memeras seseorang.
3. antara sustu kelompok dan kelompok lainnya, missal: dua buah perusahaan mengadakan join venture, atau perundingan damai antara dua kelompok yang bertikai.
   2. Adanya Komunikasi
Kata komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu COMINICARE (comunis) yg berarti milik bersama.
Berikut dijelaskan beberapa pengertian Komunikasi:
  • Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambing yg mengandung arti yg perlu dipahami bersama oleh pihak yg terlibat (Astrid).
  • Komunikasi adalah kegiatan penyampaian pesan tetang pikiran atau perasaan (Robert . J .G).
  • Komunikasi adalah pemindahan informasi dan pengartian dari satu orang ke orang lain (Davis).
Komunikasi adalah situasi dimana seseorang memberikan tafsiran pada perilaku orang lain yg berwujud pembicaraan,gerak-gerak badaniah,perasaan-perasaan apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Orang yang bersangkutan kemudian memberikan reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan oleh orang lain tersebut.
Menurut Talcott Parson terdapat dua macam orientasi dalam tindakan dan interaksi sosial,yaitu:
  1. Orientasi Motivasional yg bersifat pribadi yg menunjukkan pada keinginan individu yg bertindak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Orientasi nilai-nilai yg bersifat sosial merupakan orientasi yg menunjuk pada standar-standar normative (membedakan baik atau buruk,benar atau salah) dalam wujud agama atau tradisi setempat.
Komunikasi dpapat dilakukan dg bahasa isyarat, kata-kata, simbol-simbol. Komunikasi yg menggunakan bahsa isyarat disebut komunikasi NON VERBAL misalnya, anggukan kepala, gelengan kepala, menangis, tertawa,dll. Sedangkan komunikasi yg menggunakan kata-kata disebut komunikasi VERBAL. Sedangkan symbol-simbol bersifat ABSTRAK.
HEWITT menjabarkan tujuan spesifik komunikasi,yaitu mempelajari atau mengajarkan sesuatu, mempengaruhi perilaku seseorang, mengungkapkan perasaan, menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain, berhubungan dg orang lain,menyelesiakan masalah atau konflik, mencapai suatu tujuan, menurunkan ketegangan atau konflik, menstimulasi minat pada diri sendiri, atau oang lain.
Berikut beberapa syarat proses berlangsungnya komunikasi adalah:
  1. Pengirim pesan atau komunikator (sender),pihak yg mengirim atau memberi pesan.
  2. Penerima pesan atau komunikan (receiver) , pihak yg menerima pesan.
  3. Pesan (message), isi atau maksud yg akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  4. Tanggapan (feedback), tanggapan dari si penerima pesan atas isi pesan.

Post a Comment

 
Top